LPP RRI PALANGKARAYA

E-mail Cetak PDF

EVALUASI BAGI GURU PENERIMA TUNJANGAN SERTIFIKASI

(RRI) Palangka Raya, 02 Maret 2012. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kalimantan Tengah pertengahan Maret ini mengadakan program Training of Trainer atau pelatihan pelatih untuk penilaian kinerja guru.

Kepala LPMP Kalimantan Tengah, Krisnayadi Toendan, mengatakan pelatihan ini merupakan tahap persiapan untuk mengevaluasi guru-guru yang sudah mendapat tunjangan sertifikasi pada 2013 mendatang.

Dikatakan, guru yang telah dievaluasi dan ternyata tidak memenuhi syarat akan ditangani secara bertahap. Tahap pertama, guru yang bersangkutan diberikan bimbingan teknis berupa teguran tertulis. Kedua, bimbingan teknis selama 6 bulan sampai satu tahun untuk memenuhi 100-150 jam mengajar. Terakhir, jika benar-benar tidak terjadi perubahan pada guru yang bersangkutan, maka akan dipensiunkan.

Evaluasi ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas tenaga pendidik yang ada, sebab pendidikan merupakan salah satu program prioritas pemerintah saat ini.

Menurut Krisnayadi tidak tanggung-tanggung, Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk sektor pendidikan sekitar seratus tujuh puluh triliyun rupiah.

Karena itu, kalau tidak ada tanggungjawab secara akademik dan pedagogik dari guru-guru yang telah menerima tunjangan, hal tersebut sudah barang tentu merugikan bagi negara.

Pelatih yang akan dilatih dalam Training of Trainer ini direkrut dari kepala sekolah, pengawas, Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan (LPTK), Dikti, Perguruan Tinggi Negeri, dan pegawai-pegawai kompeten yang ada di LPMP. (SEP/GR)

Add comment


Security code
Refresh