LPP RRI PALANGKARAYA

E-mail Cetak PDF

Pemprov KalTeng Berniat Audit Perusahaan

(RRI) Palangka Raya, 25 April 2012. Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan melakukan Legal Audit atau pemeriksaan perijinan dan juga Uji Kepatuhan semua perusahaan di bidang pertambangan, perkebunan, maupun kehutanan yang ada di Kalteng.

Gubernur Kalimantan Tengah, Agustin Teras Narang, yang juga ketua Komisariat Daerah (Komda) REDD Plus mengatakan, pihaknya telah mengajukan surat yang menyatakan keinginan Pemprov untuk melakukan legal audit terhadap semua perusahaan yang ada di Kalteng.

Menurutnya, semua perijinan perusahaan harus dicek dengan fakta di lapangan dan jika perusahaan yang kedapatan melakukan aktivitas di lokasi yang tidak semestinya, akan diusulkan dipindahkan lokasinya agar lahan tidak terganggu proses rehabilitasi dan revitalisasinya.

Ditambahkan, pihaknya menggandeng United Nation Development Program (UNDP) atau Program Pembangunan PBB dan United Nation Odyssey yang khusus menangani masalah hukum untuk pelaksanaan audit ini.

Gubernur mengatakan, tindakan ini diambil sebagai bagian dari Program REDD Plus atau Pengurangan Emisi dari Deforestasi dan Degradasi Hutan plus konservasi hutan dan peningkatan stok karbon.

Pemeriksaan terhadap perusahaan ini perlu dilakukan, untuk memastikan semua perusahaan mematuhi peraturan yang ditetapkan dan memperhatikan kelestarian hutan Kalimantan Tengah. (SEP/GR)

Add comment


Security code
Refresh