LPP RRI PALANGKARAYA

E-mail Cetak PDF

Bimbingan Teknis Tertib Administrasi Pemungutan Pajak

(RRI) Palangka Raya 30 Mei 2012. Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Kalimantan Tengah terus memotivasi bendahara pengeluaran melalui Bimbingan Teknis untuk lebih inovatif dan memiliki wawasan bahwa pajak penghasilan yang termasuk pajak pusat merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang diperoleh dari Dana Bagi Hasil yang dialokasikan kepada daerah.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Kalimantan Tengah, Jaya Saputra, mengatakan dari pajak penghasilan Dana Bagi Hasil, Pemerintah Daerah mendapat bagian 20 persen Dengan rincian delapan persen untuk provinsi, dan 12 persen untuk kabupaten kota.

Bimbingan teknis ini, kata Jaya, bertujuan mengintensifkan pendapatan daerah khususnya dari dana bagi hasil pajak penghasilan.

Lebih lanjut dikatakan kegiatan ini bertujuan agar terlaksananya tertib administrasi pemungutan pajak khususnya PPh, dan tidak hilang peluang pungutan pajak , sementara semua peserta dapat meningkatkan kinerja sesuai tupoksi masing-masing.

Jaya berharap, melalui kegiatan ini terjalin koordinasi dan harmonisasi dalam upaya intesifikasi pendapatan daerah, yang tujuan akhirnya meningkatkan penerimaan pajak yang akan dirasakan sendiri manfaatnya oleh daerah.

Bimbingan teknis diikuti 175 bendahara pengeluaran Satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD) provinsi dan kabupaten/kota selama satu hari di Aula Kantor Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah. (SEP/GR)

Add comment


Security code
Refresh