LPP RRI PALANGKARAYA

E-mail Cetak PDF

TIGA KABUPATEN LOLOS SELEKSI PROGRAM TRANSMIGRASI 2013

(RRI) Palangka Raya, 14 Januari 2013. Tiga kabupaten memenuhi persyaratan untuk program penempatan transmigran di Kalimantan Tengah pada 2013.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Tengah, Sutrisno, mengatakan rencana awal terdapat 4 kabupaten untuk program transmigrasi yakni Sukamara, Gunung Mas, Barito Timur, dan Barito Selatan.

Namun setelah seleksi terakhir hanya ada tiga daerah yang lolos, dan satu kabupaten yakni Barito Selatan tidak memenuhi persyaratan sehingga ditunda. Sesuai surat gubernur, Kalteng setelah ini melakukan moratorium untuk program transmigrasi.

Pemerintah pusat, kata Sutrisno, akan mengkoordinasikan kerja sama antar daerah untuk menentukan penduduk dari provinsi mana yang menempati lokasi transmigrasi di masing-masing kabupaten.

Diskusi kerja sama antar daerah, akan menentukan lokasi transmigrasi sesuai kondisi dan situasi daerah. selain ketiga kabupaten tersebut, akan ada satu kabupaten luncuran lagi yakni Kapuas, di lokasi transmigrasi yang sebelumnya batal menerima 120 kepala keluarga karena terkena bencana angin puting beliung.

Menurutnya, peluncuran lokasi transmigrasi kabupaten Kapuas masih kemungkinan karena belum masuk anggaran reguler.

Dana untuk transmigrasi berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui Dana Tugas Pembantuan di kabupaten. (Sep/GR)

Add comment


Security code
Refresh