LPP RRI PALANGKARAYA

E-mail Cetak PDF

PENCAKER YANG TERTUMPUK DI PALANGKA SEBABKAN PENAMBAHAN PENDUDUK MISKIN

(RRI) Palangka Raya, 19 Maret 2013. Bertumpuknya pencari kerja dari berbagai daerah untuk bekerja di Palangka Raya, menambah data penduduk miskin di perkotaan.

Gubernur Kalimantan Tengah, Agustin Teras Narang, saat melaporkan keterangan pertanggungjawaban Gubernur Kalteng akhir tahun anggaran 2012 pada rapat Paripurna DPRD Kalteng mengatakan, penduduk miskin di perdesaan jumlahnya semakin berkurang dan justru di perkotaan mengalami kenaikan.

Dikatakan, jumlah masyarakat miskin di daerah perkotaan yang semakin meningkat, berbanding lurus dengan banyaknya penganggur intelektual.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalteng, Arief Budiatmo, menanggapi bahwa itu terjadi karena masyarakat luar kota palangka raya banyak yang mencari pekerjaan, namun tidak mendapatkan sehingga mereka terkatung-katung di kota.

Ditambahkan, kalau di perdesaan, masyarakat masih punya lahan untuk digarap baik itu sektor pertanian maupun perkebunan.

Arief mengatakan masyarakat di perdesaan juga kerap enggan dikategorikan miskin meskipun kondisi rumah mereka memprihatinkan, karena mereka masih memiliki tanah produktif yang cukup luas. (Sep/GR)

Add comment


Security code
Refresh