LPP RRI PALANGKARAYA

E-mail Cetak PDF

HOTSPOT MULAI MUNCUL

(RRI) Palangka Raya, 20 Maret 2013. Sejumlah titik panas Hotspot mulai bermunculan dan terpantauo leh Satelit NOAA. titik api tersebut tersebar di sejumlah wilayah Kapuas, Pulang Pisau dan Katingan Propinsi Kalimantan Tengah.

Kepala Daerah Operasi Manggala Agni BKSDA Kalimantan Tengah Gunawan kepada RRI mengatakan, titik panas mulai muncul terutama di wilayah-wilayah yang merupakan pembukaan lahan oleh masyarakat. Berdasarkan deteksi di lapangan disinyalir ada sejumlah titik yang terbakar tapi sifatnya masih sporadis, ini akibat pembukaan lahan oleh warga dan belum meluas.

Menurut Gunawan, memasuki musim kemarau pada April sampai masuk siaga satu pada Agustus Hingga Oktober, Pihaknya mengoptimalkan kegiatan di lapangan seperti mendeteksi beberapa titik di daerah strategis, patroli rutin, meningkatkan kordinasi dengan pemda, sehingga jika terjadi kebakaran bisa ditangani sejak dini.

Pihaknya juga mulai menyiagakan 210 personil Manggala Agni di 4 daerah operasional Kapuas, Palangkaraya, Pangkalan Bun dan Muara Teweh, tim serbu api TSA Binaan Dinas Kehutanan kalimantan Tengah sebanyak 290 anggota, 10 TSA IUPHHK, TSA binaan BKSDA, masyarakat peduli api MPA dan regu pemadam kebakaran dengan total personel sebanyak 150 orang.

Selain itu, penyiapan sarana prasarana yang tersedia mulai dari bangunan, alat komunikasi, alat pemadaman, peralatan multimedia dan peralatan survey. Selain itu, Dinas Kehutanan Propinsi Kalimantan Tengah juga telah menghibahkan alat pemadaman dan alat transportasi berupa Tossa dan kelotok kepada TSA Binaan Dishut.

Ditambahkan, pemantauan hotspot selama empat tahun terakhir yakni tahun 2009 sebanyak 4.618, tahun 2010 sebanyak 794, tahun 2011 sebanyak 4.269 dan tahun 2012 sebanyak 4.130 titik. (ER/GR)

Add comment


Security code
Refresh