LPP RRI PALANGKARAYA

E-mail Cetak PDF

PENYAKIT MALARIA MASIH ANCAMAN BAGI MANUSIA

(RRI) Palangka Raya. 06 Mei 2013. BEBAS MALARIA INVESTASI MASA DEPAN, hal ini menjadi tema peringatan Hari Malaria Sedunia 2013.

Seksi Bidang Program malaria dinas kesehatan provinsi kalimantan tengah dokter RITA kepada RRI mengatakan bahwa penyakit malaria masih merupakan salah satu permasalahan kesehatan bagi manusia dan bahkan masih menjadi ancaman kepada orang-orang yang sangat tinggi dampak resikonya apabila kena penyakit malaria seperti ibu-ibu hamil dan balita serta orang dewasa.

Dikatakan secara epedemiologi yang paling banyak terjangkit malaria berdasarkan sek adalah laki-laki, namun dilihat dari segi wilayah, berdasarkan data yang ada diwilayah kalimantan tengah yang tertinggi angkakesakitannya adalah di kabupaten gunung mas sekitar 11per 1000 penduduk, kemudian di kapuas sekitar 9 angka kesakitan, menyusul kota palangka raya, dan pulang pisau. Diungkapkan penyakit malaria adalah penyakit menular.

Dikatakan eliminasi Malaria merupakan upaya membebaskan masyarakat dari malaria dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta produktivitas kerja, upaya ini juga menjadi langkah investasi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ditambahkan apabila terdapat orang yang terjangkit malaria segera melakukan pencegahan dengan cara prefentif dan segera diobati sedini mungkin, kemudian mencegah dari nyamuk dengan cara memakai kelambu, dokter Rita juga mengungkapkan pihaknya sudah melaksanakan pembagian kelambu secara gratis untuk masyarakat, agar masyarakat dapat terindungi oleh nyamuk malaria salah satu penyebab malaria. Sementara 3 tahun berturut-turut diakui ada orang meninggal dunia akibat malaria, namun tahun ini berkurang akang kematian akibat malaria. (GR)

Add comment


Security code
Refresh