LPP RRI PALANGKARAYA

E-mail Cetak PDF

SERTIFIKASI GURU KALTENG 2012

Palangka Raya, 15 September 2011. Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah menyatakan, telah mengusulkan kuota sertifikasi guru untuk kawasan setempat pada tahun 2012 mendatang sebanyak 12.060 orang, meningkat dari usulan tahun 2011 sebanyak 9.060 orang.

Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Tengah GUNTUR TALAJAN kepada RRI mengatakan, bahwa guru yang sudah sertifikasi harus mampu bekerja secara profesional, baik dalam memberikan ilmu pelajaran atau tingkat disiplinnya terkait waktu atau jadwal mengajar.

Guru yang sudah sertifikasi minimal harus mengajar selama 24 jam dalam satu minggu, dan hal tersebut sudah diatur dalam Undang-Undang agar dapat bekerja secara profesional.

Guntur menegaskan, guru sertifikasi yang malas akan diberikan teguran terlebih dahulu, apabila tidak bisa memperbaiki kesalahannya maka diberikan sanksi. Mengingat kesejahteraannya dijamin oleh pemerintah.

Untuk itu Pihaknya telah meminta pengawas sekolah dan Dinas Pendidikan setiap daerah bisa melakukan pengawasan kepada para guru yang sudah sertifikasi, apakah kinerjanya sudah profesional atau belum.

Sementara itu, pada tahun 2011 ini dari usulan kuota sertifikasi guru sebanyak 9.060 orang namun hanya disetujui sebanyak 4.126 orang.

Seleksi sertifikasi guru pada tahun 2011 berdasarkan ketentuan akan melalui tiga pola, yakni pola portofolio guru, kemudian pola pendidikan pelatihan dan profesi guru (PLPG), dan pola langsung khusus bagi para pengawas yang sudah S-2 atau dengan golongan IVB.

Menurut Guntur, pola portofolio adalah bagi guru yang sudah menempuh pendidikan S-1 atau D-4 kemudian telah bekerja minimal enam tahun, kemudian untuk pola PLPG harus mengikuti diklat selama 90 jam yang diadakan oleh Universitas Palangka Raya yang apabila lulus baru akan diusulkan untuk sertifikasi.//(RRIPLK)

Add comment


Security code
Refresh