LPP RRI PALANGKARAYA

E-mail Cetak PDF

Idul Adha sapi lokal menjamur

Palangka Raya, 1 November 2011. Sapi jenis lokal seperti sapi bali masih menjadi primadona di sejumlah wilayah di Kalimantan Tengah. Kurang lebih sepekan menjelang Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban 1432 Hirjiah yang jatuh pada Minggu 6 september tahun ini , harga sapi mulai melambung.

Berdasarkan pantuan RRI dilapangan jumlah pedagang hewan kurban di Palangkaraya, saat kirban tahun ini masyarakat lebih menyukai sapi jenis lokal daripada sapi varietas unggul seperti simetal, limousin, dan brahma karena perbedaan harga yang cukup signifikan.

Mengingat sapi varietas unggul hanya sebatas pelengkap produk yang dijual pedagang untuk memenuhi kebutuhan pembeli dari segmen tertentu. Untuk saat ini jenis sapi potong verietas lokal seperti sapi bali masih dijual dengan kisaran harga Rp. 7.000.000 hingga Rp. 12.000.000,-.

Sedangkan, untuk simetal, limousin atau brahma bisa mencapai puluhan juta lebih, namun kebanyakan yang lebih banyak dicari konsumen untuk kebutuhan kurban saat ini hanyalah sapi jenis bali.

Kepala dinas sosial kota palangka raya SUPRIYANTO mengatakan untuk idul adha tahun 2011 ini pemko telah menganggarkan dana 350 juta untuk pengadaan sapi khurban yang nantinya akan dibagikan ke beberapa kecamatan yang masuk daerah tertinggal yang masih jarang mengkonsumsi daging diperkirakan pengadaan sapi kurban tahun ini tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya yakni 35 ekor sapi namun hingga menjelang idul adha jumlah sapi kurba dapat bertambah.

Saat ini untuk harga sapi jantan yang memiliki postur tubuh besar, panjang, dan bobot dagingnya diperkirakan lebih dari 100kg berharga di atas RP. 10.000.000,-. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, mendekati Idul Adha 1432 Hijriah tahun ini permintaan sapi mengalami penurunan sekitar 10-15% dimana Jumlah sapi yang terjual masih lebih sedikit daripada Lebaran tahun lalu.

Sementara itu untuk pemasok kebutuhan hewan kurban untuk wilayah Kapuas, Pulang Pisau, Palangkaraya, Katingan, dan daerah lainnya di datangkan dari daerah basarang wilayah kabupaten pulang pisau. RRI.PLK

Add comment


Security code
Refresh